Pengembangan Kerajinan Bambu Di Jambu Kulon Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten

0
34

Wartasurakarta.com – Desa Jambu Kulon merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Ceper  Kabupaten Klaten Jawa Tengah.  Desa ini terkenal dengan sebutan Sentra Kerajinan Bambu, dimana usaha kerajinan Bambu  ini telah menjadi industri unggulan di Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Namun sejak  pademi COVID-19 melanda dunia akhir tahun 2019 yang lalu, industri kerajinan Bambu  di Jambu Kulon  ini juga terkena dampaknya. Turunnya konsumsi dan daya beli masyarakat sangat berpengaruh terhadap permintaan pasar kerajinan Bambu  di Jambu Kulon  Ceper Klaten. Menghadapi kondisi ini diperlukan upaya penenganan yang serius, mengingat banyaknya masyarakat di desa Jambu Kulon Ceper Klaten yang menggantungkan hidupnya dari industri ini. Kegiatan matching fund ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha kerajinan Bambu  desa Jambu Kulon Ceper Klaten  dan bekerja sama dengan kerajinan Bambu ABIA Art Jambu Kulon Ceper Klaten  melalui pelatihan dan implementasi pemasaran digital, inovasi desain dan penggunaan tehnologi tepat guna pada produksi kerajinan Bambu desa Jambu Kulon Ceper Kabupaten Klaten.

Rencana kegiatan ini akan dilakukan melalui empat tahapan. Tahapan ini dilakukan oleh akademisi, mahasiswa dan pelaku usaha binaan UKM kerajinan Bambu ABIA Art di desa Jambu Kulon Ceper. Kegiatan pada tahap pertama merupakan tahap persiapan pengenalan dan pelatihan tehnologi tepat guna produksi hiasan bebek yang dibatik.  Kegiatan tahap kedua  merupakan tahapan edukasi dan pelatihan membuat multimedia digital Virtual Reality, inovasi desaindan pembuatan fasilitas Workshop kerajinan Bambu ABIA Art . Tahap ketiga dilakukan pelatihan pengelolaan keuangan, perencanaan strategis dan pemasaran online. Tahap keempat merupakan tahap implementasi dan pendampingan penggunaan mesin digital printing, inovasi desain kerajinan Bambu ABIA Art ., penerapan pengelolaan keuangan dan  pengenalan produk workshop kerajinan Bambu ABIA Art melalui marketing online.

Ada beberapa masalah yang dihadapi UKM saat ini yang memerlukan pemecahan yaitu (berdasarkan survei pendahuluan yang telah dilakukan oleh penulis pada UKM handycraft di Karanganyar, Solo, dan Yogyakarta): masalah Internal meliputi menggunakan peralatan manual, perolehan bahan baku, permodalan, inovasi desain yang terbatas, dan manajemen keuangan, yang meliputi juga administrasi keuangan/pembukuan. Belum  semua UKM melakukan pencatatan dengan baik, masalah upah, dan belum semua UKM memilahkan antara harta usaha dengan harta pribadi.

Baca Juga:   Pelabuhan Patimban Memiliki Arti Penting dan Strategis bagi Perekonomian Indonesia

       Hasil pelaksanaan kegiatan di UKM “ABIA ART” dapat disimpulkan, bahwa:

  1. Kegiatan penyerahan dan  introduksi komputer dan printer untuk pengoperasian digital marketing terjadi peningkatan keterampilan pengoperasian komputer. Hal tersebut berpengaruh pada perilaku kerja karyawan yang berupaya meningkatkan pemasaran dan kualitas kerjanya lebih efisien.
  2. Terjadi peningkatan keahlian dalam desain batik kayu yang bermacam-macam, dan menyempurnakan desian painting yang sudah ada oleh LPER Cabang Klaten sehingga terjadi peningkatan kualitas produk.
  3. Lebih aktif menawarkan proposal kerjasama dalam rangka pemasaran produk diantaranya: pesanan souvenir, meja catur, kursi, dakon dll, serta mencari terobosan permodalan tanpa agunan seperti fintech.
  4. Memahami dan melaksanakan prosedur ekspor impor dengan benar.

Ketua Tim Peneliti :
Dr. Rum Handayani, M.Hum. (Universitas Sebelas Maret Surakarta/Seni dan desain)

Anggota Tim Peneliti :

  • Prof. Dr. Jamal Wiwoho SH, M. Hum. (Universitas Sebelas Maret Surakarta/Hukum)
  • Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak. (Universitas Sebelas Maret Surakarta/Akuntansi)
  • Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST., MT. (Universitas Sebelas Maret Surakarta/Tehnik)
  • Dr. Francisca Sestri Goestjahjanti, SE., MM. (STIE Insan Pembangunan  Tangerang)

Mahasiswa:

  • Dra. Siti Nurlaela, M.Si, Ak, C.A. (T401908039)
  • Rizky Windar Amelia, S.E, M.Acc., .Ak., C.A. (T402008029)