Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19 Melalui Implementasi Pemasaran Digital, Inovasi Desain, Teknologi Tepat Guna Produksi Konveksi Kaos Di Bumdes Pandes Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten

0
213
Konveksi Kaos

Klaten, wartasurakarta.com – Wabah covid 19 tidak hanya menyebabkan berubahnya prilaku manusia dalam menjalankan aktvitas sehari-hari. Namun  juga roda perekonomian masyarakat, berbagai indsutri mengalami efek  buruk akibat adanya perubahan prilaku masyarakat yang membatasi diri dalam kegiatan. Adanya PSBB menyebabkan berbagai mall, restoran dan juga tempat wisata lain ditutup. Event dan kegiatan massal tidak dapat dilaksanakan seperti sediakala.

Kegiatan ini mengakibatkan industry tekstil mengalami dampak buruk, khususnya industry konveksi kaos yang tidak lagi banyak menerima order untuk kegiatan-kegiatan kampanye ataupun event lainnya.

Desa pandes yang dikenal dengan sebutan kampung kaos, dimana usaha kerajinan konveksi ini telah menjadi industri unggulan di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Namun sejak pademi COVID-19 melanda dunia akhir tahun 2019 yang lalu, industri konveksi di Kampung Kaos ini juga terkena dampaknya. Turunnya konsumsi dan daya beli masyarakat sangat berpengaruh terhadap permintaan pasar kerajinan konveksi di Kampung Kaos desa Pandes.

Menghadapi kondisi ini diperlukan upaya penenganan yang serius, mengingat banyaknya masyarakat di desa Pandes yang menggantungkan hidupnya dari industri ini.  Tim peneliti UNS melakukan kegiatan penelitian guna memecahkan masalah tersebut.

Kegiatan awal tim peneliti ini adalah melakukan koordinasi awal dengan Pemerintah Desa Pandes, khususnya para pengurus BUMDes Karya Nyata dan perwakilan paguyuban pengusaha konveksi Kampung Kaos di Desa Pandes. Salah satu usaha BUMDES adalah produksi kaos dan yang kedua BUMDES punya lahan untuk arena budaya dan bermain anak-anak.

Baca Juga:   Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Organik Berbasis Green Entrepreneurship

Program yang dijalankan oleh peneliti adalah  memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pengusaha UMKM kaos di desa pandes dengan kegiatan  antara lain :

  1. Pelatihan dan pendampingan perencanaan dan pengelolaan keuangan usaha paguyuban konveksi Kampung Kaos di Desa Pandes.
  2. Pelatihan dan pendampingan manajemen bisnis paguyuban konveksi Kampung Kaos di Desa Pandes.
  3. Pelatihan dan implementasi pemasaran digital menggunakan tehnologi informasi dan internet oleh tim.
  4. Pendampingan untuk pengembangan inovasi desain dengan pemanfaatan tehnologi computer
  5. Pelatihan dan pendapingan penggunaan tehnologi tepat guna untuk produksi
  6. Implementasi pemasaran digital, inovasi desain, dan penggunaan tehnologi tepat guna oleh tim.
  7. Pembuatan arena bermain untuk anak-anak

Hasil penerapan tehnologi tepat guna dan pelatihan pelaku usaha ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi, pemasaran, pengembangan dan keterampilan pengelola usaha yang berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Pandes Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten.

Dari sisi admisistratif diharapkan adanya peningkatan kemampuan perencanaan dan pengelolaan keuangan dan manajemen bisnis yang lebih baik. Dengan peningkatan keterampilan ini diharapkan para pelaku usaha yang tergabung dalam BUMDes Karya Nyata ini dapat melalui kondisi krisis ini dengan baik dan pada akhirnya mampu berkembang sesuai dengan tuntutan pasar.

Diperlukan kegiatan lanjutan untuk mengkawal peningkatan hasil usaha konveksi kaos di desa pandes sehingga perekonomian di sector UMKM dapat tumbuh kembali.

Penulis : Dr. Edi Kurniadi, M.Pd., Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak., Zaenah, S.E., M.A., Dr. Ign. Novie Endi Nugroho, S.E., M.Si.