Sarasehan ke-2 Juleha Indonesia DPD Kota Surakarta

0
149
Ketua DPW Provinsi Jawa Tengah, Juleha Indonesia, Ustadz Er Gun
Ketua DPW Provinsi Jawa Tengah, Juleha Indonesia, Ustadz Er Gun

Wartasurakarta.com – Juru Sembeleh Halal (Juleha) Indonesia, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Surakarta, pada hari Minggu, 15 November 2020 menyelenggarakan sarasehan ke-2 di Masjid Al-Furqon, Jalan Merpati I, Baluran, Baturan, Colomadu, Karanganyar. Acara ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB dengan peserta yang berasal dari para anggota Juleha Solo Raya dan sekitarnya serta tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Ustad Er Gun selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Juleha Indonesia Provinsi Jawa Tengah sekaligus membuka acara dan memberikan sambutan dalam  acara sarasehan tersebut. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan kembali tentang pentingnya meluruskan niat dalam setiap langkah kita, sehingga amal kebaikan yang dilakukan dapat bernilai ibadah. Beliau sangat mengapresiai berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh  Surakarta sehingga dakwah sembelih halal ini mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat luas dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat di Kota Surakarta dan sekitarnya.

Sesi selanjutnya adalah materi yang merujuk pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 196 Tahun 2014 tentang Penetapan SKKNI Kategori Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Golongan Pokok Jasa Penunjang Peternakan Bidang Penyembelihan Hewan Halal. Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut diatas disebutkan bahwa terdapat 13 unit kompetensi yang harus dimiliki oleh para juru sembelih halal. Ke-13 unit kompetensi tersebut dibagai menjadi dua kategori, yaitu kategori pengembangan profesionalitas dan kategori pengelolaan penyembelihan.

Pada sarasehan kali ini, materi yang hendak disampaikan adalah materi yang termasuk dalam kategori pengembangan profesionalitas dan dibatasi hanya 2 unit kompetensi saja, yaitu unit kompetensi melakukan ibadah wajib dan menerapkan persyaratan syariat islam. Sebagai pemateri unit kompetensi 1 dipercayakan kepada Ustadz Zamachsyuri Arafath sedangkaan pemateri unit kompetensi 2 disampaikan oleh Ustad Dede Wahyudin, M.Pd. Selain kedua acara inti tersebut diatas, juga terdapat agenda doorprice yang berasal dari anggota untuk anggota, serta lelang terbuka diantara para peserta yang hadir sehingga acara menjadi semakin meriah.

Rencananya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Surakarta dan dapat diikuti oleh seluruh anggota sehingga materi uji kompetensi dapat disampaikan secara utuh, dan bagi perserta yang mengikuti kegiatan tersebut secara lengkap nantinya akan diberikan sertifikat telah mengikuti materi uji kompetensi sebagaimana tersebut dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 196 Tahun 2014 tentang Penetapan SKKNI Kategori Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Golongan Pokok Jasa Penunjang Peternakan Bidang Penyembelihan Hewan Halal.

#Suparjito.