Studi Ekonomi Murakabi Siap Dihadirkan pada Forum KTT Dunia

0
111
State-owned Enterprises Governance and State Asset Management: Studies of Indonesia Raya Incorporated (IRI) and Murakabi Economics

WARTASURAKARTA.COM – Tata-Kelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Manajemen Aset Negara, merupakan topik makalah yang akan dibawakan oleh Dr. R. Agus Trihatmoko dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi (KKT) Dunia di bidang Ilmu Manajemen (World Summit on Management Sciences).

Makalah tersebut merupakan hasil penelitian atau studi ekonomi murakabi yang berfokus pada usaha sektoral yaitu BUMN, dan BUMD tercakup di dalamnya. Berbagai pendekatan ekonomi makro dan mikro, serta ekonomi konstitusional merupakan bangunan teori manajemen aset negara. Terdahulu, telah ditunjukkan dalam beberapa literatur artikel ilmiah ‘Indonesia Raya Incorporated (IRI), dan buku ekonomi murakabi’. Singkatnya, makalah berjudul “State-owned Enterprises Governance and State Asset Management: Studies of Indonesia Raya Incorporated (IRI) and Murakabi Economics”.

Astrid Widayani, MBA; Dr. Roch Mulyani; Dr. Arya Surendra

Forum internasional tersebut diselenggarakan oleh SciTech Central Inc., USA. Awalnya akan dilaksanakan dengan pertemuan langsung pada bulan Juni 2020 di Thailand. Namun, karena situasi pandemi Covid 19 ditunda pelaksanaanya, yaitu pada tanggal 21-22 September 2020 dengan cara virtual.  Agus Trihatmoko sebagai salah satu Pembicara (Speaker) dijadwalkan untuk memberikan paparan materinya berupa rekaman video dia pada sesi-awal hari pertama.   

Ini sebuah kesempatan dan menjadi momentum penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan ekonomi murakabi bagi dunia internasional. Dalam forum tersebut akan hadir para ilmuan dari berbagai belahan dunia; Eropa, Amerika Latin, Amerika Serikat, Afrika, dan Asia. Partisipan dan Komite Konferensi mayoritas adalah berjenjang akademik ‘Doktor dan Profesor’ dari berbagai universitas atau perguruan tinggi.  

Baca Juga:   Pengabdian Kepada Masyarakat pada UKM Batik Print Malam dengan Pewarna Alami

Materi dari setiap Pembicara sangat beragam dalam perspektif manajemen dan ekonomi. Ekonomi mikro dan makro secara nasional dan global, public governance dan corporate governance, sub-sub manajemen operasional & strategik, kewirausahaan, dan lain-lain. 

“Paparan tentang studi ekonomi murakabi sudah saya persiapkan sejak akhir tahun lalu (2019) setelah mendapat undangan resmi dari panitia”. Tata-kelola BUMN dengan mengacu pada sistem ekonomi murakabi merupakan keniscayaan bagi negara Indonesia. Sehingga, diharapkan studi tersebut dapat berkontribusi secara praktik bagi BUMN, dan juga BUMD Indonesia.  

Disamping itu, tentu ekonomi murakabi akan semakin dikenal di dunia internasional melalui forum KTT ini. Terlebih, buku ekonomi murakabi dalam versi bahasa nasional untuk berbagai negara di Eropa, Amerika Latin, Afrika, serta bahasa internasional. Buku tersebut tersedia di galeri atau toko-toko buku ternama, misalnya ‘Morebooks dan Amazon’ yang memiliki jejaring distribusi worldwide, dan juga memberikan layanan penjualan secara on-line.

Dr. R. Agus Trihatmoko dan Dr. Arya Suhendra

Kontekstual studi ekonomi murakabi dalam forum KTT tersebut  dapat dimanfaatkan sebagai pengetahuan umum dan praktiknya. Berikutnya, konten secara akademiknya akan disusun dalam format artikel ilmiah. Rencananya, rekaman atau video paparan akan dibagikan ke publik seluruh dunia melalui tautan media sosial oleh penyelenggara. Selain bahasa Inggris, juga dilakukan rekaman dan tulisannya dalam versi bahasa Indonesia sebagai dokumentasi.   Dalam lingkup institusional bahwa kegiatan konferensi didedikasikan bagi Universitas Surakarta, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Saya, menyampaikan hormat dan terima kasih kepada: Dr. Arya Surendra (Rektor Universitas Surakarta) atas dukungan untuk pelaksanaan konferensi; Dr. Roch Mulyani (Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta) dan Astrid Widayani, MBA. (Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta) atas sambutan apresiasinya dalam mengawali Tahun Ajaran Baru 2020/2021 Universitas Surakarta”.

Baca Juga:   Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Organik Berbasis Green Entrepreneurship

Penulis: Dr. R. Agus Trihatmoko (Ekonom Universitas Surakarta)