Kanwil Ditjen Perbendaraan Sukseskan Program PEN di Jawa Tengah

0
30
Salah satu pelaksanaan kegiatan Bimtek di Kanwil DJPb Prov Jateng
Salah satu pelaksanaan kegiatan Bimtek di Kanwil DJPb Prov Jateng

Dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemic COVID-19, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimtek Aplikasi SIKP Pengajuan Subsidi Bunga UMKM. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempercepat pencairan subsidi tagihan bunga sehingga segera dapat dinikmati oleh para pelaku UMKM. Pelaksanaan kegiatan bimtek dilakukan secara marathon sejak tanggal 25 Agustus 2020 sampai dengan 10 September 2020 di berbagai wilayah di Jawa Tengah, diantaranya Semarang, Surakarta, Purwokerto, Pekalongan dan Pati.

Tim Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan beberapa hal penting dalam setiap pelaksanaan Bimtek terkait dengan Subsidi Bunga UMKM ini, diantaranya;

Pertama, bahwa kebijakan subsidi bunga yang telah ditetapkan oleh pemerintah merupakan hak para debitur UMKM, sehingga diupayakan semaksimal mungkin hak para debitur UMKM tersebut dapat terpenuhi.

Kedua, proses pencairan subsidi bunga bagi debitur merupakan kewajiban  pihak perbankan, termasuk BPR/BPRS, artinya perbankan (BPR/BPRS) harus pro aktif dalam mensukseskan pencairan subsidi bunga UMKM ini.

Ketiga, dampak pandemic COVID-19 ini berakibat pada lesunya dunia usaha, sehingga memicu kenaikan jumlah kasus kredit macet (NPL meningkat). Dengan adanya kebijakan sebusidi bunga dari pemerintah ini diharapkan jumlah kasus kredit macet tidak semakin bertambah banyak.

Keempat, bahwa beberapa BPR di wilayah Jawa Tengah telah berhasil mengajukan tagihan dan menerima pembayaran subsidi bunga UMKM, hal ini tentunya menjadi semangat bagi BPR lainnya untuk segera memproses dan mengajukan tagihan pembayaran subsidi bunga UMKM.

Baca Juga:   Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jawa Tengah Peduli Desa Miskin

Kelima, suksesnya BPR dalam mengajukan tagihan pembayaran subsidi bunga merupakan bukti nyata peran BPR dalam meringankan beban para debitur sekaligus mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pelaksanaan Bimtek Aplikasi SIKP Subsidi Bunga ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak diantaranya OJK dan Perbarindo, serta Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang menyediakan fasilitas dan dukungan sarana prasrana yang memadai dan memenuhi standar protocol Kesehatan untuk pelaksanaan kegiatan Bimtek ini, yaitu KPPN Surakarta, KPPN Pati, KPPN Pekalongan dan KPPN Purwokerto.

(Suparjito, Kanwil DJPb Prov Jateng)