Meramaiakan Segmen Pasar SUV Di Indonesia, Toyota Hadirkan Corolla Cross

0
50

Setelah meluncur di Thailand pada 9 Juli dan di Vietnam pada 5 Agustus yang lalu, kini Corolla Cross resmi meluncur di Indonesia. Meningkatnya permintaan di segmen SUV, membuat Corolla terus berevolusi menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Corolla Cross menawarkan rasa berkendara yang nyaman, ruang kabin yang lega, serta dirancang kokoh seperti kebanyakan SUV. Mengusung platform TNGA-C yang sama dengan Corolla Altis ataupun C-HR, Corolla Cross tersedia dalam dua varian, yakni bensin dan hybrid.

Untuk varian bensin, mengusung mesin 2ZR-FBE 1.800 cc bertenaga 140 ps dan torsi 177 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT. Sementara untuk varian hybrid menggunakan unit 2ZR-FXE 1.800 cc bertenaga 98 ps dan torsi 142 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan motor listrik dengan tenaga sebesar 72 ps dan torsi 163 Nm. Bicara soal harga, dari situs resminya Corolla Cross dihargai Rp 457,8 juta untuk tipe bensin dan Rp 497,8 juta untuk tipe hybrid.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, mengatakan, pihaknya berusaha menjawab kebutuhan SUV di Indonesia dengan meluncurkan Corolla Cross. “Ya memang karena trennya saat ini SUV, karena demandnya dari dulu sudah ada dan konsumen sudah tanya. Kebanyakan ingin yang handling nyaman seperti sedan, tapi tampangnya khas SUV,” ucap Anton, dalam video launching (6/8/2020). Anton menambahkan, meski SUV sedang bertumbuh. Namun market terbesar di Indonesia masih berada di segmen MPV.

Baca Juga:   Berkendara Dengan Nyaman Dan Aman, Perhatikan Tekanan Ban

“Market SUV meningkat luar biasa, kalau dibandingkan dengan tahun 2014, pada 2019 kemarin telah meningkat 65 persen. Dengan komposisi market dari sebelumnya 9 persen, menjadi 17 persen,” katanya. “Bisa dibilang ini merupakan line up hybrid Toyota termurah, untuk varian yang hybrid harganya Rp 497 jutaan, sementara satu lagi yang bensin Rp 457 jutaan,” tutur Anton.