Buah Srikaya dan Khasiatnya

0
25

WARTASURAKARTA.COMSrikaya (bahasa LatinAnnona squamosa), adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis.

Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih.

Termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya. Daunnya berselang, sederhana, lembing membujur, 7–12 cm panjangnya, dan berlebar 3–4 cm. Bunganya muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga berlebar 2–3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

Buahnya biasanya bundar atau mirip kerucut cemara, berdiameter 6–10 cm, dengan kulit berbenjol dan bersisik. Daging buahnya putih, menyerupai dan memiliki rasa seperti podeng.

Berikut manfaat buah srikaya:

1. Membantu pencernaan

Dilansir dari data komposisi pangan Indonesia, dalam 100 gr srikaya mengandung 28 mg vitamin C yang dapat membantu proses pencernaan ibu hamil.

Srikaya dapat membantu permasalahan pecernaan ibu hamil seperti memudahkan buang air besar, menurunkan kemungkinan sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

2. Mengurangi morning sickness

Selain itu, kandungan vitamin B6 yang sangat baik pada srikaya membantu ibu hamil mencegah morning sickness atau mual selama kehamilan.

3. Membangun saraf janin

Kandungan karoten yang tinggi dalam buah srikaya penting untuk perkembangan janin.

Konsumsi srikaya secara teratur saat hamil pun bisa bermanfaat untuk membangun saraf janin, otak, dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan karoten atau vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, kulit, dan rambut.

Baca Juga:   Janda Bolong, Apa Itu?

4. Menguatkan tulang dan mengurangi nyeri

Kandungan kalsium sebesar 127 mg dalam 100 gr srikaya dapat membantu penguatan tulang ibu hamil.

Selama hamil, sering kali ibu hamil merasakan nyeri dan sakit pada beberapa bagian tubuh karena perubahan bentuk tubuh yang mulai membesar.

Hal ini dapat mencegah mengurangi rassa sakit dan nyeri pada tulang dan badan selama masa kehamilan.

Bahkan srikaya dapat membantu dalam perkembangan kulit yang sehat, tendon, dan pembuluh darah di janin.

5. Membantu sistem pernapasan

Menurut hasil penelitian di College of Medicine, University of Lago, Nigeria menyatakan bahwa srikaya yang mengantung karoten dapat membantu mengatur sistem pernapasan selama kehamilan.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Ibu hamil yang rentan terserang darah tinggi saat kehamilan atau biasa disebut dengan preeklamsia ternyata dapat mencegahnya dengan mengonsumsi srikaya saat hamil.

Hasil penelitian dari Federal University of Technology, Nigeria menyebutkan sirsak telah digunakan selama berabad-abad di sana untuk mengobati hipertensi, karena kandungan antiksidan fenol dalam buah srikaya yang dapat membantu pencegahan tekanan darah tinggi.

7. Anti peradangan

Hasil penelitian dari University of Malaya, Kuala Lumpur menyebutkan bahwa kemampuan untuk mengobati peradangan pada buah srikaya memang terbkti ampuh, dan dapat digunakan untuk menghilangkan radang sendi.

Selain efek anti-inflamasi atau anti peradangan, srikaya juga dikenal karena efek analgesik atau mengatasi nyeri.

8. Mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian, srikaya adalah obat kanker yang terbukti untuk sebagian besar jenis penyakit.

Baca Juga:   When You Lose Your Way, You Find Yourself

Dalam penelitian lain di India yang dilakukan pada berbagai garis sel, daun srikaya menunjukkan penghambatan sel 80% untuk menghambat senyawa berbahaya dalam sel kanker.