Pasar Windu Jenar

0
108

WARTASURAKARTA.COM – Pasar Windujenar tergolong pasar tradisional yang unik. Unik karena barang-barang yang diperdagangkan khusus barang-barang antik. Pasar Windujenar dahulu dikenal dengan nama pasa Triwindu. 

Menurut sejarah, pasar yang terletak di jantung kota Surakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1939. Nama Triwindu berasal dari peristiwa ulang tahun tahta Mangkunegara ke VII. Tri berarti 3, windu berarti 8, sehingga Triwindu berarti 24. Dahulu tanah pasar Triwindu adalah milik Mangkunegaran yang kemudian beralih menjadi milik Pemkot Surakarta.
Sejak tahun 2011 pasar Triwindu berganti nama dengan pasar Windujenar, setelah dipugar dan diresmikan pemerintah kota Surakarta.

Pasar yang berada di Jl. Ronggowarsito, Surakarta ini beroperasi dari jam 9:00 s.d jam 18:00. Pasar yang memiliki 257 kios ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para turis mancanegara, sehingga yang berkunjung ke pasar ini sebagian besar adalah para turis mancanegara yang datang berburu souvenir berupa barang-barang antik.

Baca Juga:   BUMN Indonesia Diharapkan Menjadi Pioner Korporasi Murakabi